Pertolongan Perama Pada Keseleo

Pertolongan Perama Pada Keseleo

Beberapa kondisi dapat menjadi penyebab nyeri sendi, seperti osteoarthritis, cedera seperti patah tulang, keseleo, asam urat, rheumatoid arthritis, lupus, hingga infeksi virus. Selain itu, melakukan aktivitas berlebihan, seperti berdiri terlalu lama dan melompat, juga dapat menyebabkan nyeri sendi.

Jika Anda mengalami nyeri sendi, ada cara mengatasinya yang bisa Anda lakukan sebagai perawatan awal sebelum mendapatkan penanganan dari dokter. Caranya dengan melakukan tindakan yang dikenal sebagai RICE dan obat, yaitu:

1.Rest

Rasa sakit adalah sinyal bahwa ada sesuatu yang salah pada tubuh Anda. Jika Anda mengalami nyeri sendi, istirahat menjadi cara mengatasi nyeri sendi pertama yang bisa dilakukan. Dengan beristirahat, Anda akan memberikan waktu pemulihan pada sendi, serta mengurangi nyeri yang timbul. Beristirahat juga dapat membantu mencegah cedera makin parah. Jika Anda mengalami cedera tertentu, misalnya keseleo, istirahatlah dan hindari terlalu banyak menggerakkan area yang cedera selama setidaknya 2 hari.

2.Ice

Memberi kompres es pada area yang mengalami nyeri sendi dapat membantu mengalihkan rasa nyeri dan mengurangi pembengkakan. Anda bisa membungkus es secukupnya dengan kain lembut, kemudian kompreskan pada sendi yang terasa nyeri. Kompres es dapat dilakukan selama 15–20 menit setiap 2–3 jam sekali pada 2 hari pertama cedera.

3.Compression

Membalut sendi menggunakan perban elastis menjadi cara mengatasi nyeri sendi lainnya. Cara ini dapat membantu mengurangi bengkak dan menjaga posisi sendi. Namun, pastikan Anda tidak melilitkan perban terlalu ketat agar peredaran darah tetap lancar.

4.Elevation

Untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak, cobalah meninggikan bagian tubuh yang terasa nyeri agar lebih tinggi dari jantung. Misalnya, jika mengalami nyeri sendi pada pergelangan kaki, Anda bisa duduk dengan menopang kaki menggunakan bantal.

5.Obat

Cara mengatasi nyeri sendi lain yang juga bisa dilakukan adalah menggunakan obat nyeri sendi dan otot yang dapat dibeli bebas. Obat tersebut biasanya berbentuk obat oles (topikal) yang mengandung capsaicin maupun natrium diklofenak.

Nyeri sendi juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi Maduga, madu dengan gamat emas yang mampu menjaga kesehatan dan kekuatan sendi Anda, terutama sendi lutut.

Untuk Permintaan Sampel Gratis Klik Di Sini