Penyebab Radang Sendi Di Usia Muda

Penyebab Radang Sendi Di Usia Muda

Radang sendi terjadi karena penipisan dan kerusakan pada tulang rawan, yaitu sebuah jaringan keras dan licin yang memungkinkan sendi bergerak tanpa gesekan. Jika terjadi kerusakan pada tulang rawan, maka tulang akan bergesekan dengan tulang lainnya. Dan juga dapat pula memengaruhi seluruh sendi. Yang kemudian dapat menyebabkan peradangan pada sendi.

Radang sendi sendiri biasanya identik dengan penyakit orang tua. Tapi sekarang ini, penyakit radang sendi juga sering terjadi pada anak muda. Lalu apa saja penyebab radang sendi pada usia muda?

1. Aktivitas Fisik yang Berlebihan

Salah satu penyebab radang sendi pada usia muda adalah aktivitas fisik yang berlebihan. Aktivitas yang dimaksud di sini ialah yang berhubungan dengan pekerjaan atau aktivitas fisik yang menyebabkan sendi tertekan secara terus-menerus, contohnya sering mengenakan sepatu hak tinggi.

2. Kelebihan Berat Badan dan Obesitas

Jika berat badan berlebih (obesitas), otomatis sendi harus bekerja lebih keras dalam menumpu beban. Kelebihan kekuatan atau beban sendi inilah yang dapat menjadi penyebab radang sendi pada usia muda.

3. Genetik

Orang yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat radang sendi di usia muda, memiliki kemungkinan hingga 50% lebih tinggi mengalami hal yang sama.

4. Atlet

Seorang atlet yang memiliki rutinitas dalam melakukan gerakan berulang atau mengangkat beban berat mempunyai risiko tinggi untuk terkena radang sendi. Terlalu aktif bergerak membuat persendian bekerja terlalu berat, sehingga lebih cepat mengalami kerusakan.

5. Gangguan kesehatan

Memiliki displasia pinggul, diabetes, atau kelainan terkait hormon pertumbuhan adalah sebagian kondisi gangguan kesehatan yang dapat menjadi penyebab radang sendi di usia muda.

Untuk mengatasi radang sendi, konsumsi Maduga, madu dengan gamat emas, yang mampu menjaga kesehatan dan kekuatan sendi Anda, terutama sendi lutut.

Untuk Permintaan Sampel Gratis Klik Di Sini